Daftar Yuuk…

Layanan Online

Monthly Archives: December 2017

CEO Lecture STIE Surakarta bersama Dr. Djony Harijanto, MDM

CEO Lecture bersama Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur

Program Studi Manajemen menggelar kegiatan CEO Lecture di Aula STIE Surakarta Kamis, 21 Desember 2017. Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur.

Ketua Program Studi Manajemen, Ida Ayu Kade R.K. SE., MM. menyampaikan bahwa kegiatan ini pada dasarnya ditujukan untuk memberikan pengetahuan praktis tentang berbagai topik yang tercakup dalam mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa di keempat konsentrasi yang ada yakni Pemasaran, Keuangan, Operasional, dan Sumber Daya Manusia. Sesuai tujuannya, maka acara ini diselenggarakan dengan mengundang praktisi yang sudah mumpuni di bidang manajemen.

STIE Surakarta menghadirkan narasumber Badan Kepegawaian  Dr. Djony Harijanto, MDM  dari Badan Diklat Provinsi Jawa Timur .

Acara ini mengangkat tema  “Pengembangan Manajemen Kinerja yang Efektif”.

Dr. Djony Harijanto, MDM menjelaskan bahwa manajemen kinerja diperlukan untuk membantu memperbaiki kinerja karyawan yang mungkin kurang maksimal. Pentingnya peran manajemen itulah, pengembangan manajemen kinerja yang efektif sangat dibutuhkan.

Harapannya, SDM (human capital management) yang dimiliki oleh perusahaan adalah SDM yang memiliki motivasi dan kinerja yang bagus, hingga akhirnya apa yang menjadi tujuan perusahaan bisa tercapai.

Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa mengetahui seberapa efektif dan efisien suatu kinerja organisasi. Tidak hanya itu, mereka juga memahami bagaimana rangkaian kegiatan yang dimulai dari perencanaan kinerja, pemantauan / peninjauan kinerja, penilaian kinerja dan tindak lanjut berupa pemberian penghargaan dan hukuman.

 

 

 

AMA (Asosiasi Manajemen Indonesia) GANDENG STIE SURAKARTA

Penandatanganan kesepakatan kerjasma AMA (Asosiasi Manajemen Indonesia) Solo dengan STIE Surakarta

AMA (Asosiasi Manajemen Indonesia) – Solo menjalin kerjasama dengan STIE Surakarta pada hari Rabu 20 Desember 2017. Ketua AMA Solo, Ir. Susanto beserta Tim disambut hangat oleh Ketua STIE Surakarta, Dr. Budi Istiyanto beserta jajarannya.

Pada kesempatan kali ini, AMA Solo dan STIE Surakarta menandatangani kesepakatan kerjasama antara kedua belah pihak.

Ir. Susanto selaku Ketua AMA Solo menyatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua perguruan tinggi yang ada dan salah satunya adalah STIE Surakarta. Selain itu, kerjasama ini juga untuk meningkatkan kualitas SDM terutama para alumni STIE Surakarta yang nantinya bergabung menjadi anggota AMA Solo.

Mengacu pada salah satu tujuan AMA tentang peningkatan SDM, setelah penandatanganan MoU dilanjutkan seminar dengan tema “Mati atau Inovasi Menghadapi Era Digitalisasi’ dengan menghadirkan praktisi bisnis online digital CEO Triponyu.com Alfonsus Aditya, SE., MBA.

Ketua STIE Surakarta, Dr. Budi Istiyanto, M.M., M.H. mengatakan STIE Surakarta akan semakin banyak mendapatkan informasi tentang kebutuhan SDM dilapangan yang berhubungan dengan konsep-konsep manajerial dalam perusahaan AMA Solo akan semakin eksis dan berkembang, karena saling membutuhkan, kedepan hendaknya lebih terkonsentrasi dengan adanya AMA edukasi dan AMA profesi.

Terbukanya kerjasama ini mudah-mudahan akan diikuti oleh kampus-kampus dan asosiasi profesi lainnya, sehingga sama-sama terbuka untuk bisa masuk dalam pendidikan, demikian juga pendidikan ada kesempatan yang sama untuk bisa memberikan masukan dalam manajemen perusahaan secara umum.Secara konsep di AMA edukasi mahasiswa matang di penguasaan konsep manajemen, dan AMA profesi pengelola perusahaan akan semakin matang lagi dalam mengatur perusahaannya, sehingga akan mampu bertahan di era digitalisasi.

STIE Surakarta merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang digandeng oleh AMA Solo. Tujuan dari kerjasama ini tidak luput dari visi AMA yaitu menjadi organisasi masyarakat manajemen Indonesia yang terkemuka, profesional dan beretika serta mampu berkompetisi di tingkat global.

Direktur Marketing BMT Tumang menjadi pembicara CEO Lecture di STIE Surakarta

CEO Lecture bersama BMT Tumang, Lecturer IAIN Surakarta

Program CEO Lecture yang diperuntukkan bagi mahasiswa program studi D3 Akuntansi dilaksanakan di Aula STIE Surakarta, Kamis 21 Desember 2017 dengan menampilkan Direktur Merketing BMT Tumang, Bp. Harun Santosa, SE., ME., SY sebagai pembicara.

Kegiatan ini mengangkat tema “ Penerapan PSAK Syariah dalam praktek Muamalah di Indonesia”.

Budi Al Amin, SE., MM. sebagai perwakilan dosen program studi Akuntansi mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan ilmu dan pengetahuan tentang akuntansi syariah serta aturan yang mendasarinya.

Pada kesempatan ini, Direktur BMT Tumang sebagai pembicara menjelaskan tentang bagaimana pencatatan dan pelaporan akuntansi syariah pada lembaga keuangan syariah.

Kegiatan yang berdurasi dua jam ini bertujuan sebagai wadah dan tempat untuk diskusi dan sharing mengenai penerapan PSAK Syariah dalam transaksi pada lembaga keuangan syariah di Indonesia. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat mengetahui aturan dan hukum setiap transaksi akad syariah serta perbedaan antara teori dan praktek di lapangan.

STIE Surakarta CEO Lecture bersama PT. PP (Persero) Tbk

CEO Lecture bersama PT. PP (Persero) Tbk 

STIE Surakarta kembali mengadakan kegiatan yang melibatkan mahasiswa program studi akuntansi bekerjasama dengan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang konstruksi dan investasi yaitu PT. PP (Persero) Tbk.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Desember 2017 di Aula STIE Surakarta. Acara ini mengangkat tema “ Penyajian Laporan Keuangan dan Perlakuan Pajak pada Perusahaan BUMN.

Perwakilan Dosen program studi akuntansi, Arif Nugroho memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Beliau mengungkapkan dengan adanya kegiatan CEO Lecture dengan PT. PP (Persero) Tbk diharapkan mahasiswa jurusan akuntansi lebih mengerti mengenai bagaimana cara penyajian laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan standart yang ada di perusahaan. Selain itu para mahasiswa ini juga diberikan ilmu mengenai perlakuan pajak yang ada di perusahaan PT. PP (Persero) Tbk. Hal ini memberikan dampak positif bagi mereka terutama setelah lulus dari bangku perkuliahan. Mereka tidak hanya membayangkan kondisi perusahaan melainkan bisa mengetahui secara langsung oleh PT. PP (Persero) Tbk.

Gatot Sudjatmiko, sebagai pihak dari PT. PP (Persero) Tbk sangat senang dan merasa tersanjung atas undangan STIE Surakarta sebagai CEO Lecture karena bisa berinteraksi secara langsung dengan para mahasiswa dan memberikan ilmunya sesuai dengan keadaan nyata di perusahaan.(elida)

STIE SURAKARTA OUTING CLASS KE MALANG

Mahasiswa Program Studi Akuntansi outing class ke kota Malang.

Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIE Surakarta mengadakan outing class ke kota Malang. Jumat, 8 Desember 2017 rombongan tiba di SPAT (Pabrik pembuatan bakpao telo) dan mendapat sambutan hangat oleh pihak managemen SPAT. Para mahasiswa ditunjukkan proses pembuatan bakpao telo dan diberi kesempatan untuk mencicipinya.

Kegiatan ini diikuti oleh 71 mahasiswa dan 5 dosen pendamping. Salah satu dari kelima dosen pendamping tersebut adalah Ketua STIE Surakarta, Dr. Budi Istiyanto, M.M., M.H.

Dr. Budi Istiyanto, M.M., M.H. memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan outing class ini. Beliau berharap para mahasiswa mendapatkan ilmu secara langsung di dunia nyata dan mampu mengimplementasikan ilmu yang diterima di dalam dan di luar kelas. Beliau juga berpesan agar para mahasiswa dapat mengembangkan skill mereka melalui kegiatan outing class ini.

Mahasiswa tidak hanya berkunjung ke SPAT saja, kunjungan dilanjutkan ke Deduwa Resto yang merupakan pusat Resto, Oleh-oleh dan Villa yang terletak di Kota Batu , Malang. Mereka juga disambut antusias oleh pihak managemen Deduwa Resto. Disini, rombongan diberikan penjelasan mengenai sistem managemen yang dijalankan dan sistem keuangan yang mereka gunakan. Tidak hanya itu saja, mereka juga mendapat jamuan makan siang oleh pihak Deduwa Resto.

Keesokan harinya, rombongan diberi kesempatan untuk bertamasya sebelum pulang ke solo. Mereka berkunjung ke Obyek Wisata Petik Apel, Museum Angkut dan Batu Night Spectaculer. Mahasiswa merasa puas dengan adanya kegiatan outing class ini, karena mereka bisa mengerti bahwa ilmu yang mereka terima saat kuliah di implementasikan di dunia nyata.

Ketua Program Studi Akuntansi, Heri Susanto, S.E., M.Si menambahkan kegiatan ini memberikan pembelajaran baru bagi mahasiswa karena mereka tidak hanya membayangkan sistem keuangan yang mereka pelajari tetapi mendapatkan ilmu secara langsung dari Pihak masing-masing perusahaan yang dikunjungi.

Secara keseluruhan , para mahasiswa sangat senang dan antusias mengikuti outing class ini. Mereka mendapatkan ilmu baru di dunia nyata dan bisa menikmati kota Malang dengan suguhan tempat-tempat yang menarik un tuk dikunjungi. Harapannya setelah kegiatan ini, mahasiswa lebih giat lagi dalam belajar dan semangat bertambah dalam mengikuti perkuliahan. (elida)

PENANDATANGANAN MOU STIE SURAKARTA DENGAN HEBEI NORMAL UNIVERSITY – TIONGKOK

STIE Surakarta menjalin kerjasama internasional di bidang pendidikan dengan Hebei Normal University, Tiongkok.

Dua puluh lima perguruan tinggi swasta (PTS) dibawah Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah menjalin kerja sama internasional di bidang pendidikan dengan Hebei Normal University, Tiongkok.

STIE Surakarta menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam Memorendum Of Understanding (MOU) PTS Aptisi Wilayah VI Jawa Tengah. Penandatanganan MOU ini dilaksanakan pad hari Sabtu, 2 Desember 2017 di Patrajasa, Semarang.

C. Hendratmoko, M.Si sebagai perwakilan STIE Surakarta dalam penandatangan MOU menyatakan bahwa dengan adanya kerjasama yang terjalin antara STIE Surakarta dengan Hebei Normal University diharapkan dapat saling menguntungkan satu sama lain, kedua perguruan tinggi ini dapat berkembang maju dan menghasilkan lulusan mahasiswa yang berkualitas. Tidak hanya STIE Surakarta saja, kerjasama ini juga berlaku bagi PTS lain.

Program kerja sama interasional ini bertujuan untuk pengembangan SDM, terutama pertukaran mahasiswa dan dosen. Termasuk di dalamnya tertuang lanjutan studi S2, S3 dan program beasiswa.  Hal ini merupakan bentuk hubungan internasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi PTS di Jawa Tengah.

Acara penandatanganan MOU di lanjutkan dengan pertukaran cindera mata dan di akhiri dengan jamuan makan ringan serta foto bersama.

December 2017
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

E-Jurnal

E-Campus

Alumni STIES

Traffic Online

Denah Lokasi